Judul Jurnal : MEDIA PEMBELAJAR PROSES RENDERING OBJEK PADA MATA KULIAH GRAFIKA KOMPUTER BERBASIS MULTIMEDIA
Penulis : Angga Prasetio Romadhon & Murinto
Menurut Brunner, Goodnow, dan Austin, konsep grafika komputer mempunyai lima elemen yaitu : mempunyai nama, mempunyai lambang atau atribut, mempunyai definisi, mempunyai nilai, harga, atau rumusan, dan mempunyai contoh.
Objek 3D adalah representasi dari data geometrik 3 dimensi sebagai hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafika komputer 2 dimensi. Sehingga prinsip yang dipakai objek 3D pun mirip dengan objek 2D, dalam hal penggunaan algoritma, grafika vektor, model frame kawat (wire frame model), dan grafika rasternya.
Metode yang digunakan untuk merepresentasikan objek 3D diantaranya :
- Persamaan Geometri : Representasi langsung melalui persamaan geometri dari sebuah objek.
- Constructive Solid Geometry (CSG) : Pembentukan sebuah objek melalui penggabungan atau pengurangan dari beberapa objek 3D primitif.
- Kurva & Permukaan Bezier : Fungsi yang didefinisikan diatas parameter tunggal yang menyisipkan urutan titik-titik.
Sebuah objek 3D membutuhkan “kamera” yang menentukan point of view atau sudut pandang akan objek 3D tersebut. Kamera ini juga berguna untuk menentukan field of view atau bidang pandang pada objek yang di rendering.
Cahaya juga diperlukan dalam proses rendering sebagai penerangan objek dan memberi kesan realistis seperti bayangan. Pada grafika 3D ada beberapa macam sumber cahaya yaitu : point light, spotlight, ambient light, area light, directional light, dan parallel point.
Terakhir, sebuah objek 3D mempunyai karakteristik permukaan yang meliputi : warna, tekstur, sifat permukaan, algoritma rendering, ray-casting, ray-tracing, dan radiosity.
Jurnal Kedua:
Judul
Jurnal : Pembuatan
Simulasi Pergerakan Objek 3D (Tiga Dimensi) Menggunakan OpenGL
Penulis
: Deddy
Suhardiman, S.T.G. Kaunang, Rizal Sengkey, Arthur M. Rumagit
Jurusan : Teknik Elektro, Fakultas Teknik, UNSRAT, Manado
Kata
"desain" memiliki arti perencanaan dalam pembuatan sebuah objek,
sistem, komponen atau struktur. Sedangkan "pemodelan" adalah
membentuk suatu benda-benda atau obyek. Dan "grafik" adalah
persentasi visual pada sebuah permukaan seperti dinding atau layar komputer.
Desain
Pemodelan Grafik merupakan ilmu yang mempelajari sebuah proses untuk membuat
dan menciptakan objek baru berupa seni terapan, arsitektur dan berbagai
pencapaian kreatif lainnya yang direkayasa oleh perangkat lunak sebagai tahapan
awal untuk pembuatan sekaligus memanipulasi objek dan citra.
Melalui
konsep dan proses desain, keseluruhan objek bisa diperlihatkan secara 3
dimensi, sehingga banyak yang menyebut hasil ini sebagai pemodelan 3 dimensi
atau 3D modelling.
OpenGL (Open Graphics Library) adalah standar API yang
dapat digunakan untuk membuat aplikasi berbasis grafik, baik dua dimensi (2D)
maupun tiga dimensi (3D). OpenGL ini bersifat cross-platform,
artinya dapat dijalankan pada berbagai platform sistem operasi yang ada
saat ini.
Untuk membuat aplikasi menggunakan OpenGL, terlebih dahulu kita
membutuhkan suatu konsepsi interfacing dalam implementasinya pada proteksi
objek. Salah satu cara yang sudah umum digunakan adalah dengan membuat window-based
OpenGL.
OpenGL mendukung lighting,
shading, texture, mapping, blending, transparancy, dan banyak
kemampuan efek khusus lainnya.
OpenGL mempunyai banyak
fungsi dan penggunaan perintah yang sangat luas. Penggunaan OpenGL membutuhkan
library tambahan yang harus di letakkan pada direktori sistem dari windows
(OS).
Sumber:
http://nunuu17.blogspot.co.id/2014/10/analisis-jurnal-pemodelan-grafik_25.html
http://kevinseptian21.blogspot.co.id/2014/10/analisa-jurnal-pemodelan-grafik.html
http://ti-cenatcenut.blogspot.co.id/2013/11/desain-pemodelan-grafik.html
https://cantarilover.wordpress.com/2014/10/25/analisis-jurnal-pemodelan-grafik/
No comments:
Post a Comment