TUGAS PENGANTAR BISNIS
INFORMATIKA
MAKALAH TENTANG MEDIA PROMOSI BERBASIS TI
Tasya Nur Sabrina
58413804
4IA08
UNIVERSITAS
GUNADARAMA
2016
DAFTAR ISI
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
LATAR BELAKANG
Promosi adalah salah satu cara untuk memperkenalkan produk
usaha kita. Dengan promosi maka produk akan lebih mudah dikenal masyarakat dan
mudah mencapai ke target konsumen. Oleh karena itu promosi sangatlah penting
bagi perkembangan sebuah usaha. Tidak ada bisnis yang sukses tanpa melakukan
promosi.
Pada zaman modern ini, promosi tidak hanya dilakukan dari
penyebaran kertas-kertas dijalan, pengiriman iklan dari rumah ke rumah, namun
promosi media juga dilakukan dalam basis TI.
Berdasarkan latar belakang, maka yang menjadi permasalahan
dan diungkapkan dalam makalah ini adalah :
1. Apakah
pengertian media promosi?
2. Apa
saja macam-macam media dan promosi?
3. Bagaimanakah
proses media promosi berbasis TI?
Mampu
membuktikan bagi pengembangan ilmu komunikasi khususnya dalam bidang periklanan
tentang penerapan komunikasi pemasaran dalam meningkatkan jumlah konsumen.
Diharapkan
dapat bermanfaat bagi pelaku bisnis online sebagai tolak ukur akan penyampaian
strategi pemilihan media dalam melakukan kegiatan promosi di era modern saat
ini.
BAB II
PEMBAHASAN
Media adalah segala
bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau pesan. Kata
media berasal dari kata latin, merupakan bentuk jamak dari kata “medium”.
Secara harfiah kata tersebut mempunyai arti "perantara" atau
"pengantar", yaitu perantara sumber pesan (a source) dengan penerima
pesan (a receiver). Jadi, dalam pengertian yang
lain, media adalah alat atau sarana yang dipergunakan untuk menyampaikan pesan
dari komunikator kepada khalayak. Banyak ahli dan juga organisasi yang
memberikan batasan mengenai pengertian media. Beberapa diantaranya adalah
sebagai berikut:
·
Menurut Syaiful Bahri Djamarah: Media adalah alat bantu apa
saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai tujuan.
·
Menurut Schram: Media adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan
untuk keperluan pembelajaran.
·
Menurut National Education Asociation (NEA): Media adalah sarana komunikasidalam bentuk cetak maupun audio
visual, termasuk teknologi perangkat kerasnya.
·
Menurut
Briggs: Media adalah alat untuk memberikan perangsang bagi siswa supaya terjadi
proses belajar.
·
Asociation of Education Comunication Technology
(AECT): Media adalah segala bentuk dan
saluran yang dipergunakan untuk proses penyaluran pesan.
·
Menurut Gagne: Media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa
yang dapat merangsang siswa untuk belajar.
·
Menurut Miarso: Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk
menyalurkan pesan yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan
kemauan siswa untuk belajar.
Promosi
merupakan salah satu bagian dari rangkaian kegiatan pemasaran suatu
barang. Promosi adalah suatu kegiatan
bidang marketing yang merupakan komunikasi yang dilaksanakan perusahaan kepada
pembeli atau konsumen yang memuat pemberitaan, membujuk, dan mempengaruhi
segala sesuatu mengenai barang maupun jasa yang dihasilkan untuk konsumen,
segala kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan volume penjualan dengan
menarik minat konsumen dalam mengambil keputusan membeli di perusahaan
tersebut. Untuk memperjelas tentang pengertian promosi, berikut ini beberapa
definisi tentang promosi.
·
Media Visual: media visual adalah media
yang bisa dilihat, dibaca dan diraba. Media ini mengandalkan indra penglihatan
dan peraba. Berbagai jenis media ini sangat mudah untuk didapatkan. Contoh
media yang sangat banyak dan mudah untuk didapatkan maupun dibuat sendiri.
Contoh: media foto, gambar, komik, gambar tempel, poster, majalah, buku,
miniatur, alat peraga dan sebagainya.
·
Media Audio: media audio adalah media yang bisa
didengar saja, menggunakan indra telinga sebagai salurannya. Contohnya: suara,
musik dan lagu, alat musik, siaran radio dan kaset suara atau CD dan
sebagainya.
·
Media Audio Visual: media audio visual adalah
media yang bisa didengar dan dilihat secara bersamaan. Media ini menggerakkan
indra pendengaran dan penglihatan secara bersamaan. Contohnya: media drama,
pementasan, film, televisi dan media yang sekarang menjamur, yaitu VCD. Internet termasuk
dalam bentuk media audio visual, tetapi lebih lengkap dan menyatukan semua
jenis format media, disebut Multimedia
karena berbagai format ada dalam internet.
·
Promosi
Media Cetak: Promosi melalui media cetak adalah cara promosi yang paling
banyak digunakan. Promosi ini biasanya dilakukan dengan membuat spanduk,
banner, iklan di koran, majalah, buku, sticker, pamflet, flyer, dan lain
sebagai. Promosi jenis ini sangat mudah dijangkau oleh masyarakat kalangan atas
hingga bawah. Biaya untuk promosi menggunakan media cetak ini cukup terjangkau
dan dapat menghemat biaya.
·
Promosi
Media Elektronik: Media elektronik juga menjadi salah cara ampuh untuk melancar
pemasaran produk. Dengan menggunakan televisi misalnya, atau melalui radio.
Promosi menggunakan media elektronik ini membutuhkan budget yang tidak sedikit.
·
Promosi
Media Internet: Ini adalah kemajuan dari promosi melalui media elektronik.
Promosi menggunakan media internet ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya
pengguna internet di jaman sekarang ini. Perkembangan teknologi telah merubah
segalanya termasuk dalam bidang bisnis. Namun ini sangat menjadi kemudahan
untuk melancarkan proses jual beli. Beriklan melalui media internet ini
biasanya melalui media banner website dan juga program iklan berbayar lainnya
seperti Google AdSense dan facebook ads.
·
Promosi
Media Produk: Maksud adalah promosi yang dilakukan melalui sebuah produk
seperti tas, kaos, topi, dll. Nah, biasanya ketika Anda mengikuti seminar, Anda
akan mendapatkan sebuah tas dengan logo sebuah perusahaan. Itu selain sebagai
souvenir juga dapat dimanfaatkan sebagai media promosi. Biasanya tas-tas
semacam ini bisa dipesan di pabrik tas, sehingga dapat memesan sesuai selera.
Media televisi
adalah media yang paling termasyhur di antara media-media lainnya. Hal ini
dikarenakan media televisi adalah media yang paling efektif dalam menyampaikan
pesan. Pesan yang disampaikan melalui media televisi akan diwujudkan dalam
bentuk audio (suara) dan visual (gambar). Perpaduan audio dan visual
tersebutlah yang menjadikan seseorang lebih tertarik untuk menonton televisi
dibandingkan dengan mengkonsumsi media-media lainnya. Penyampaian pesan
melalui gambar gerak dan audio yang mendukung juga menjadikan pesan lebih mudah
tersampaikan. Masyarakat pun akan lebih mudah mencerna pesan-pesan yang
diterima melalui media televisi. Kekurangan dari mempromosikan produk bisnis
anda melalui media televisi antara lain adalah harganya yang relatif mahal. Ya,
beriklan di televisi paling tidak menghabiskan jumlah hingga ratusan juta pada
setiap detiknya. Berminat?
gambar : blog.jejualan.com
Majunya media internet membuat website semakin diminati oleh
masyarakat untuk mempromosikan produk bisnisnya. Melalui website, anda bisa
mengiklankan produk bisnis lengkap dengan spesifikasi dan kelengkapan
informasinya. Pada website, anda bisa mengiklankan atau mempromosikannya
melalui website pribadi, yang memang sengaja dirancang khusus sebagai media
promosi dari produk bisnis anda, ataupun website orang lain yang memiliki
traffic yang cukup padat. Jika anda memilih website orang lain sebagai media
promosi, anda dapat mengemas promosi dalam bentuk iklan yang muncul di halaman
website orang lain tersebut.
gambar : fifgroup.co.id
Maraknya media internet yang terus
mengembangkan eksistensinya, membuat berbagai macam jejaring sosial menjadi
sebuah media komunikasi yang tak kalah penting keberadaannya. Jejaring sosial
kini menjadi efektif dalam mengkomunikasikan sesuatu baik yang sifatnya
pribadi, umum, bahkan untuk kepentingan bisnis sekalipun. Anda dapat mempromosikan
barang atau jasa yang anda tawarkan melalui jejaring sosial kepada khalayak
umum lewat dunia maya, seperti melalui jejaring sosial Facebook, Instagram,
Twitter, Blog, dan lain sebagainya.
BAB II
PENUTUP
Promosi merupakan salah satu faktor
penentu keberhasilan suatu program pemasaran. Betapapun berkualitasnya suatu
produk, jika konsumen tidak tahu atau belum pernah mendengarnya dan tidak yakin
bahwa produk tersebut memiliki manfaat bagi mereka, maka mereka tidak akan
pernah membelinya. Dalam kegiatan promosi diperlukan strategi-strategi yang
tepat agar kegiatan promosi yang dilakukan dapat mencapai target. Pada dasarnya
tujuan utama dari strategi promosi dan aktivitas promosi adalah sama yaitu
mempengaruhi konsumen untuk memanfaatkan produk atau jasa yang ditawarkan.
Sebaiknya perusahaan yang melakukan kerja
sama promosi ini menetapkan media dan mengukur efektivitasnya sebelum melakukan
suatu kegiatan melalui periklanan. Karena itu penting bagi perusahaan untuk
melihat jangkauan, frekuensi, dan dampak dari iklan yang digunakan. 2. Walaupun
sebagian besar program promosi penjualan dirancang berdasarkan pengalaman,
seharusnya dilakukan pra-pengujian untuk menentukan apakah alat tersebut tepat,
apakah besarnya insentif tersebut optimal, dan apakah metode penyajian tersebut
efisien. Untuk mengevaluasi program di atas, perusahaan dapat menggunakan tiga
metode, yaitu data penjualan, survey konsumen, dan eksperimen. 3. Perusahaan
juga harus memperhatikan alat promosi lainnya selain promosi penjualan dan
iklan yaitu seperti penjualan perorangan, hubungan masyarakat, dan mengadakan
acara khusus.
DAFTAR PUSTAKA
Anonim. 2016.
Strategi Promosi dan Media Promosi. http://deasykhairunnisa.blogspot.co.id/2016/11/strategi-promosi-dan-media-promosi.html?view=flipcard
Anonim. 2016.
Pemanfaatan TI untuk Promosi UMKM. http://kepri.antaranews.com/berita/24377/pemanfaat-ti-untuk-promosi-produk-umkm-minim
Anonim. 2016.
Strategi Promosi Penjualan. https://lindanoer.wordpress.com/2014/01/08/strategi-promosi-penjualan/
Anonim. 2016.
Analisis Instagram sebagai Media Promosi Online Shop Fashion. https://prezi.com/sty9liiecryl/analisis-instagram-sebagai-media-promosi-online-shop-fashion/
No comments:
Post a Comment